GERAKAN MENDUKUNG PEMBERIAN ASI

GERAKAN MENDUKUNG PEMBERIAN ASI

Cara Membuat Tim Saring dan Nasi Tim untuk Bayi 6-7 Bulan

mpasi 6 bulan, mpasi bayi 6 bulan
Apakah bunda mencari info tentang cara membuat mpasi bayi 6 bulan atau 7 bulan? Sekarang bunda bisa menyimak tentang cara membuat tim saring dan nasi tim untuk bayi usia 6-7 bulan. Untuk bayi yang baru pertama makan sangat disarankan dengan tektur yang lembut yaitu berupa puree (di blender) atau tim saring.

Puree adalah makanan yang halus dan lembut untuk bayi. Untuk membuat puree, bisa dengan cara di blender. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat pure adalah buah-buahan manis (pisang, apel, pir, melon, semangka, alpukat) dan sayuran (matang/direbus terlebih dahulu hingga empuk) seperti kentang, labu, labu kuning, wortel, brokoli, kembang kol, bayam, kangkung, dsb. Bahan-bahan tersebut lalu di blender dengan sedikit air matang hingga lembut dan membentuk puree. Untuk tingkat kekentalan bunda bisa menambahkan air matang.

Tim saring adalah makanan yang dimasak hingga matang dan empuk lalu disaring dengan menggunakan saringan kawat. Ini adalah prinsip dasarnya. Untuk bahan-bahannya bunda bisa kombinasikan aneka sayuran. Untuk perkenalan bisa dengan kombinasi karbohidrat dan 1-2 macam sayuran dahulu. Adapun caranya akan di jelaskan sebagai berikut.

Sebagai contoh Tim Saring Beras dan Sayuran. Bahan yang dibutuhkan adalah beras, wortel, brokoli, dan tahu. Pertama kali rebus beras hingga setengah matang (kurang lebih 15 menit), agar cepat matang hendaknya sebelumnya beras di rendam dahulu sekitar 1-2 jam, namun jikalau tidak direndam maka tidak apa-apa. Selanjutnya masukkan irisan kecil wortel, setelah kurang lebih 5-10 menit, masukkan brokoli dan tahu. Lalu masak hingga matang. Proses pemasakan ini cukup lama bisa stengah hingga 1 jam. Agar lebih praktis, bunda bisa membuatnya untuk 2-4 porsi (1-2 hari).

Setelah matang, dan air meresap, lalu dinginkan dan biarkan sedikit mengembang. Setelah itu ambil 1 porsi makan bayi untuk sekali makan, dan saring dengan saringan kawat hingga halus. Sisanya dinginkan, masukkan dalam wadah tertutup lalu simpan dalam kulkas. Ketika akan memberikan tim saring untuk si kecil bunda bisa menghangatkan lalu saring dengan saringan kawat.

Demikianlah tips praktis membuat makanan bayi usia 6 bulan. Semoga bermanfaat untuk para orang tua.

Untuk selanjutnya bunda bisa melihat aneka resep makanan bayi, mpasi dari mulai usia 6 bulan hingga balita di blog ini. Silahkan lihat-lihat yaaa....



0 Response to "Cara Membuat Tim Saring dan Nasi Tim untuk Bayi 6-7 Bulan"

Posting Komentar

MANFAAT ASI BAGI BAYI

MANFAAT ASI BAGI BAYI