GERAKAN MENDUKUNG PEMBERIAN ASI

GERAKAN MENDUKUNG PEMBERIAN ASI

Resep Puree Pepaya-Pir



Bunda, apakah bayi Anda sedang mengalami sembelit alias susah BAB? Jika ya, berikan puree pepaya dengan pir sebagai makanan mpasi untuk mengatasi masalah pencernaannya. Buah pepaya adalah buah murah namun memiliki manfaat besar bagi si kecil. Buah dengan daging berwarna oranye ini kaya kandungan vitamin A, B1, B2, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu kandungan serat dan kandungan enzim papain yang ada dalam buah pepaya sangat bagus untuk percernaan bayi. 

Oleh karenanya pepaya dapat digunakan untuk mengatasi masalah sembelit. Sedangkan pir memiliki ciri khas rasa yang manis dengan kandungan gula fruktosa dan glukosa. Pir juga mengandung banyak vitamin A, B, C, kalium, dan kalsium. Pir termasuk buah yang rendah akan kandungan sodium dan tidak mengandung lemak jahat. Buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit pada bayi. Berikut petunjuk pembuatannya:

Bahan-bahan:
·         1 buah pir jenis xiang lie (warna hijau)
·         50 gram pepaya masak pohon
·         Asi/air matang

Cara Membuat:
·         Cuci bersih pir, kupas kulitnya lalu potong-potong menjadi 6-8 bagian. Buang bijinya.
·         Letakkan dalam mangkuk lalu kukus. Setelah empuk, haluskan di atas saringan satu per satu. Sertakan air dalam mangkuk kukusan ke dalam puree.
·         Blender pepaya lalu campurkan ke dalam mangkuk berisi pir kukus
·         Tambahkan asi atau air matang, segera sajikan

Catatan:
Buah pepaya tidak disarankan sebagai mpasi perdana yang dikonsumsi oleh bayi. Ada baiknya bayi dikenalkan dengan buah yang lebih mudah dicerna terlebih dahulu. Pepaya dan pir sebaiknya dikonsumsi oleh bayi usia 7 bulan ke atas.
Jika tidak ingin dikukus, pir bisa diparut saja dalam keadaan mentah lalu disaring.

0 Response to "Resep Puree Pepaya-Pir"

Posting Komentar

MANFAAT ASI BAGI BAYI

MANFAAT ASI BAGI BAYI